PENGEMBANGAN

Pentingnya Sadar-Diri & Bagaimana Memperbaikinya

Mereka mengatakan pertama kamu harus menerima permasalahan yang terjadi, dan itu benar disetiap bagian dari hidup. sadar-diri dan mawas-diri adalah bagian dari bantuan diri sendiri, tetapi ini adalah awal mula untuk membimbing kamu pada setiap kemajuan dan perbaikan diri.

The Importance of Self-Awareness, and How to Become More Self Aware

Sadar-diri (kadang juga merujuk kepada Tau-Diri atau Mawas-Diri) adalah mengerti kebutuhan sendiri, keinginan, kelemahan, kebiasaan, dan segala sesuatu yang membuatmu nyaman. Semakin kamu mengetahuai tentang diri-sendiri,   kamu akan semakin baik dalam beradaptasi dengan kehidupan yang berubah-ubah.

Kamu bisa membaca setiap tips pengembangan diri dari berbagai media, dan kamu bisa mengadaptasinya dan melakukannya. tapi itu semua sia-sia jika kamu tidak tau tentang dirimu-sendiri, yang mana tips yang tepat dan bisa bekerja didiri kamu.

Sangat mudah merealisasikan ide jika kamu tahu diri-sendiri dengan baik, kamu bisa mememperbaiki permasalahanmu,  tapi bukan begitu cara kerjanya. itu step awal. Pikiran kita abu-abu dan matang dengan prasangka-prasangka yang mewarnai keputsan kita.

Dalam diri manusia ada kekurangan dan kelebihan, jika dua-duanya diatur dengan baik kamu akan berjalan sesuai keinginanmu. Tetapi kalau kamu fokus memperbaiki kekurangan, kamu akan kehilangan banyak waktu dalam melakukannya. seorang pebisnis mengatakan bahwa :

Jika anda menghabiskan terlalu banyak waktu memperbaiki kelemahan anda, anda akan berakhir dengan banyak kelemahan. 

Jadi, ketika kamu sudah tau dengan baik dirimu-sendiri  jangan terlalu sedih dengan kekurangan dan selalu mengeluhkannya. cobalah fokus dengan kelebihan yang kamu punya, sehingga kamu bahagia dengannya.

Mengetahui tentang diri-sendiri memang sulit, dan tidak mungkin untuk memperbaiki teori penyimpangan-penilaian-diri . Tetapi hanya karena kita tidak baik disitu, bukan berarti kita tidak harus mencobanya. Kamu tidak bisa memperbaiki semua masalah dikehidupanmu, tetapi kamu bisa membuat kemajuan pada hal kecil.

Ada beberapa latihan yang bisa membuatmu berkembang :

  • Belajar melihat diri-sendiri secara obyektif : Pendekatan yang tidak mungkin untuk melihat diri-sendiri secara obyektif, tetapi itu selalu bernilai. Ide utamanya adalah untuk mempelajari dan mengkritik keputusan diri. mungkin lebih baik, cari teman yang kamu percayai untuk berbicara dan dengarkan kritikannya.
  • Tulis manifesto mu sendiri : Tujuan utama dari tau-diri/mawas-diri adalah memperbaiki diri-sendiri, jadi bisa dipertimbangkan bahwa kamu harus punya tujuan.  Jika kamu berjuang dibagian ini, manifesto adalah jalan terbaik untuk mendorong dirimu menggambar apa yang kamu inginkan.
  • Tulis Sebuah Jurnal : Ingatan kita yang beragam dimasa lalu sungguh sangat bagus. Jika ingin ukuran yang akurat dari dirimu-sendiri, sebuah jurnal adalah jalan yang terbaik untuk mendapatkannya. Sebuah jurnal membuat kamu lebih sadar terhadap apa yang kamu lakukan dan dimana masalah mungkin datang dari kamu mendokumentasikan segala hal. Jika kamu menghabiskan waktu untuk mendokumentasikan sesuatu, kamu mungkin bisa memperhatikan kebiasaan yang banyak, yang bisa kamu perbaiki. Jika kamu menginginkan pemahaman yang mendalam terhadap skill keputusan, kamu seharusnya menulis apa yang kamu pikirkan tentang keputusanmu,  tunggu 9 atau 10 bulan dan tinjau kembali tulisan kamu.
  • Lakukan tinjauan-diri : Tinjauan-diri adalah salah satu hal kecil yang menjengkelkan yang kita lakukan pada pekerjaan kita dan beberapa perilaku kita. Tapi kamu bisa membuatnya bermanfaat jika kamu berfikir itu semua cuma gagasan percobaan. Daripada kamu menghabiskan waktu memperbaiki diri-sendiri, coba dengar apa yang dikatakan temanmu. Ini mungkin jalan untuk bisa melihat dirimu-sendiri dari perspektif orang lain dan mendapat sedikti wawasan terhadapt apa yang ada  didiri kamu seindiri.

Sangat penting untuk mengingat bahwa tau-diri/mawas-diri, tetapi berpikir-berlebihan tidak akan membawamu kemanapun, tapi menjadi seorang yang sadar terhadap kebutuhan dan bagaimana berperilaku dapat membantumu menjadi lebih baik.

Sumber : Lifehacker dan Motivasi islami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s